Artikel

Waspada Penipuan Visa Haji

05 Jun 2024 | Administrator

Haji adalah ibadah yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi umat Islam yang mampu. Namun, proses untuk menunaikan ibadah ini mengharuskan Anda untuk menggunakan visa haji yang resmi. Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Yusron B. Ambary mengimbau masyarakat Indonesia yang akan berhaji memastikan bahwa dirinya memiliki visa haji sebelum berangkat ke tanah suci.


Visa haji resmi diterbitkan oleh dua pihak


Untuk warga negara Indonesia yang mendapatkan undangan visa haji mujamalah atau populer dengan sebutan haji Furoda dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, UU Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PIHU) mengatur bahwa keberangkatannya wajib melalui PIHK dan PIHK wajib melapor kepada Menteri Agama. Tahun ini, kuota haji Indonesia sebanyak 221.000 jemaah. Indonesia juga mendapat 20.000 tambahan kuota. Sehingga, total kuota haji Indonesia pada operasional 1445 H/2024 M adalah 241.000 jemaah.


Visa haji diatur dalam Undang-Undang No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PIHU). Pasal 18 UU PIHU mengatur bahwa visa haji Indonesia terdiri atas visa haji kuota Indonesia, dan visa haji mujamalah undangan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


Waspada dengan Penipuan Visa Haji

Pada Selasa, 28 Mei 2024 sebanyak 24 WNI diamankan di Bir Ali, Madinah saat hendak miqat menggunakan visa ziarah. Visa ziarah ini hanya untuk kunjungan, bukan ibadah haji. Petugas Arab Saudi mengamankan 24 WNI tersebut. Setelah pemeriksaan, 22 WNI dibebaskan karena dianggap sebagai korban penipuan koordinator mereka, MH dan JJ. Mereka diketahui mengelola dana jemaah yang membayar kisaran Rp 25 juta hingga 150 juta.

Sementara itu, MH dan JJ  ditahan dan terancam dikenai hukuman denda 50 ribu riyal, kurungan 6 bulan penjara, serta larangan masuk Arab Saudi selama 10 tahun.


Selanjutnya, pada 31 Mei KJRI mendapatkan kabar sebanyak 19 WNI kembali ditangkap di Madinah, namun kemudian dibebaskan karena tidak ada tanda-tanda akan berhaji. Terakhir, pada 1 Juni, Arab Saudi kembali menangkap 37 WNI yang diduga akan berhaji tanpa tasrih atau ijin resmi.


Tips Terhindar dari Penipuan Visa Haji


Artikel lainnya

Sunnah-sunnah Haji

Haji, salah satu ibadah dari sekian banyak ibadah yang dimiliki oleh umat Islam, adalah momen sakral yang dirindukan...

Lanjut baca
Waktu dan Tempat yang Ditentukan untuk Menunaikan Haji dan Umroh

Haji dan umroh adalah ibadah yang memiliki tata cara dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah  dan Rasul-N...

Lanjut baca
Waspada Penipuan Visa Haji

Haji adalah ibadah yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi umat Islam yang mampu. Namun, proses untuk menuna...

Lanjut baca