Artikel

Kementerian Agama Rilis Aplikasi "Kawal Haji"

30 May 2024 | Administrator

Kementerian Agama (Kemenag) resmi meluncurkan aplikasi baru bernama "Kawal Haji". Aplikasi ini hadir untuk memudahkan jemaah haji dan masyarakat melaporkan berbagai masalah yang dihadapi selama ibadah haji.

“Kawal Haji hadir untuk menjadi kanal penghubung antarjemaah haji, petugas, keluarga, dan publik, serta stakeholder lainnya. Jemaah dapat melapor, saling bantu, berbagi info dan mengapresiasi,” terang Wibowo Prasetyo saat temu media di Jakarta, Senin (27/5/2024).

Menurut Stafsus Menteri Agama bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, aplikasi "Kawal Haji" hadir dengan dua fitur utama :

"Saat ini Kawal Haji fokus ke penyelesaian masalah utama, yaitu kanal komunikasi pelaporan. Halaman beranda dari Kawal Haji akan melampirkan daftar laporan, dengan prioritas berdasarkan keterbaruan dan dukungan," ujar Wibowo.

Manfaat Aplikasi Kawal Haji

1. Manfaat bagi Jemaah


2. Manfaat bagi Petugas


“Melalui Kawal Haji, jemaah jadi memiliki kanal yang terpercaya untuk lapor dan komplain. Informasi penyelenggaraan ibadah haji juga tidak liar di medsos. Kepercayaan jemaah dan stakeholder lainnya meningkat,” ujar Wibowo.


Masyarakat dapat mengakses Kawal Haji dengan dua opsi :

Smartphone berbasis Android download melalui Google PlayStore atau web browser di alamat https://kawalhaji.com/


Khusus Jemaah Haji Indonesia terdaftar, bisa melakukan verifikasi paspor setelah login dengan akun Google.


Artikel lainnya

Sunnah-sunnah Haji

Haji, salah satu ibadah dari sekian banyak ibadah yang dimiliki oleh umat Islam, adalah momen sakral yang dirindukan...

Lanjut baca
Waspada Penipuan Visa Haji

Haji adalah ibadah yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi umat Islam yang mampu. Namun, proses untuk menuna...

Lanjut baca
Al Ula : Dari Kota ‘Terkutuk’ Menjadi Destinasi Wisata

Terletak di wilayah Madinah, Arab Saudi, Al Ula adalah oasis kuno yang menyimpan sejarah panjang. Perjalanannya dimul...

Lanjut baca